Gaya Hidup

Heboh Cobek Keluar Belatung, Begini Penjelasannya

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:11
Heboh Cobek Keluar Belatung, Begini Penjelasannya Cobek batu harus dibersihkan dengan cara disikat agar tidak menyisakan kotoran di rongga (Foto: grid)

TIMES TUBAN, JAKARTA – Cobek mengeluarkan belatung tengah ramai diperbincangkan di jadat maya. Kehebohan itu berawal dari unggahan pengguna TikTok yang berkesperimen membakar cobek dengan diberi sedikit air. 

Dalam video tampak belatung yang keluar dari rongga cobek batu tersebut. 

Unggahan tersebut mendapat respon beragam dari warganet. Ada yang menyebut pengguna cobek sangat jorok, namun tak sedikit pula yang mencobanya sendiri. 

Chef Nausa turut memberikan komentarnya. Menurut dia, cobek yang mengeluarkan belatung saat dibakar merupakan cobek yang tidak bersih saat dicuci. 

Permukaan cobek batu yang berongga sengat memungkinkan sisa bumbu masuk ke dalam rongga tersebut. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan mengundang bakteri, jamur dan  mikroba lainnya untuk beranak pinak. 

Cobek-Batu-Keluar-Belatung.jpg Screenshot tiktok chef nausa

Ia menjelaskan jika belatung bisa muncul di mana saja di tempat yang jorok. "Belatung kita asumsikan sebagai belatung yang keluar dari telur lalat ya. Lalat itu busa hinggap di suatu tempat yang sifatnya busuk, sampah, kotoran," tegasnya dalam akun TikTok miliknya. 

Jadi bisa saja, sisa kotoran pada cobek itu masuk ke rongga dan membusuk di dalam sehingga mengeluarkan belatung. 

Lantas ia memberikan tips ketika hendak menggunakan cobek. "Sebaiknya sebelum digunakan sobek harus dicek dan dibersihkan ulang," kata Chef Nausa. 

Dia menyebutkan bisa saja cobek yang selesai dipakai sudah dicuci bersih, tapi tempat penyimpanan tidak hiegenis, sehingga dapat membuat cobek jadi sarang bakteri. 

Ia juga menyarankan untuk menyikat cobek batu agar tidak ada sisa kotoran di rongga. 

Untuk memastikan cobek tidak ada belatungnya, Chef Nausa menyerankan merendam cobek dengan garam danair hangat. (*)

Pewarta :
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tuban just now

Welcome to TIMES Tuban

TIMES Tuban is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.