Gaya Hidup

Mistis, Proses Pembuatan Ost KKN Desa Penari 'Dhat' Dibalut Ritual Among-Among

Minggu, 22 Mei 2022 - 17:14
Mistis, Proses Pembuatan Ost KKN Desa Penari 'Dhat' Dibalut Ritual Among-Among Madukina alias Kinanti pencipta dan penyanyi lagu Dhat sebagai Ost KKN Desa Penari. (Foto: Dok. Kinanti)

TIMES TUBAN, MALANG – Lagu berjudul Dhat yang menjadi original soundtrack atau Ost KKN Desa Penari memilik kesan mistis. Sebab, lagu tersebut kental dengan nuansa tradisional Jawa yang dibalut oleh unsur musik gamelan hingga lirik berbahasa Jawa yang dibawakan dengan alunan nyanyian sinden.

Siapa sangka, pencipta sekaligus penyanyi lagu Dhat tersebut terjadi ternyata adalah Kinanti atau biasa dikenal sebagai Madukina yang berasal dari Gunung Kawi, Malang, Jawa Timur.

Perempuan dengan nama Asli Hamida Madu Kinanti ini menciptakan lagu Dhat bersama sang Ayah bernama Matoha dan adiknya bernama Hanafi Madu Wanandi.

Kepada TIMES Indonesia, Madukina menjelaskan bagaimana proses pembuatan lagu berjudul Dhat yang telah ia ciptakan sejak tahun 2019 silam.

Dhat sendiri, diketahui berarti Roh Suci yang dimana lirik-liriknya berbahasa Sansekerta Jawa yang ditulis atau diterjemahkan langsung dari bahasa Indonesia ke Sansekerta Jawa oleh sang Ayah, yakni Matoha.

"Jadi aku ketemu ayah untuk di translate ke bahasa Jawa indah atau sansekerta. Sama ayah aku bikin sekitar 30 menit untuk lirik dan nadanya," ujar Madukina, Minggu (22/5/2022).

Dalam proses pembuatan lagu, Madukina menceritakan bahwa terdapat ritual Among-Among sebelum rekaman tersebut dikirimkan ke pihak MD Pictures untuk diperdengarkan dan di setujui.

Diketahui, ritual Among-Amonh ini adalah salah satu tradisi Jawa untuk mengungkapkan rasa syukur kepada tuhan atas rezeki yang telah diberikan.

"Kita ada ritual Among-Among untuk mengisi atau memberikan energi baik, memberikan roh di lagunya itu sebagai proses penghormatan kepada para leluhur dengan cara memberikan hasil bumi dan berdoa," ungkapnya.

Namun, sedari kecil Madukina memang sudah kental dengan adat-adat tradisional Jawa yang telah melekat didirinya. Hal itu pun yang membuat Madukina menganggap hal tersebut biasa dan ia tak takut dengan hal-hal yang berbau mistis.

"Jadi setelah merekam kita dengarkan dan kita upacara ritual sebelum dikirim ke MD Picture. Baru setelah itu kita kirim ke sana dan akhirnya di approve. Akhirnya kita lanjut proses rekaman yang benar," bebernya.

Tak hanya itu saja, dikatakan Madukina, pihak MD Pictures sebagai rumah produksi film KKN Desa Penari juga sempat mengimbau kepada para pendengar lagu Dhat jika merasa pusing untuk bisa segera meminum air putih.

Sebab, secara logika, lanjut Madukina, dalam lagu ini saat proses pembuatan telah diberikan energi yang dimana saat didengarkan tentu energi tersebut akan sampai ke para pendengar.

"Secara budaya, itu tadi lagu sudah ada arwahnya. Ketika didengarkan energi baik itu akan masuk ke diri kita kalau sampai dan kita peka, kita bisa merasakan hal-hal dalam diri kita kayak pusing dan mual, maka harus minum air putih," bebernya.

Disisi lain, meski memiliki kesan mistis dengan tembang-tembang bernuansa Jawa tradisional, Madukina merasa bangga dengan karya yang telah ia ciptakan bersama sang ayah.

"Aku rasa hal terpenting yang buat aku bahagia, ya ayahku bahagia. Ini pertama kali karya beliau yang bisa diperdengarkan secara nasional dan internasional. Tentu ini bisa kita lanjutkan dengan konsep lebih matang," katanya.

Sebagai informasi, ini bukan kali pertama Madukina alias Kinanti mengisi soundtrack film. Sebab, Ost KKN Desa Penari ini menjadi Ost ketiga Madukina yang sebelumnya telah mengisi soundtrack di series Teluk Alaska dan film Ku Kira Kau Rumah.

Setelah ini, perempuan yang memiliki berbagai karya dengan genre RnB ini akan segera merilis EP Album dalam waktu dekat. "On Going aku mau bikin EP yang segera dirilis secara independen. Semoga lancar dan segera diperdengarkan," pungkasnya. (*) 

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tuban just now

Welcome to TIMES Tuban

TIMES Tuban is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.