Gaya Hidup

4 Manfaat Selasih untuk Kesehatan Tubuh Anda

Sabtu, 25 Juni 2022 - 02:35
4 Manfaat Selasih untuk Kesehatan Tubuh Anda Segarnya biji selasih saat ditambahkan ke dalam minuman. (Foto: Freepik)

TIMES TUBAN, JAKARTA – Jika anda sudah pernah mencicipi daun kemangi, maka perlu anda ketahui bahwa biji daun kemangi atau juga dikenal sebagai selasih juga memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan tubuh anda. Menurut Healthline penambahan biji selassih dalam ramuan obat telah dikenal sejak jaman dulu.

Dalam bahasa Inggris biji selasih dikenal sebagai basil seeds,ada juga yang menyebutnya sebagai sabja atau tulmaria. Untuk mengkonsumsinya anda hanya perlu merendamnya dalam air hangat selama beberapa menit sampai menjadi lembek dan lengket.

Biji selasih merupakan sumber mineral, baik magnesium, besi, dan kalsium. Sejumlah kandungan serat, flavonoid, dan polifenol juga ditemukan dalam biji selasih. Belum lagi kandungan lemak omega-3 di dalamnya. Nah, mari kita lihat apa saja manfaatnya bagi tubuh kita.

Mencegah penyakit jantung

Lemak omega-3 dalam biji selasih mencegah terjadinya kondisi tertentu seperti penyakit jantung atau diabetes tipe 2. Lemak omega-3 ini juga merupakan sumber yang baik untuk anti peradangan. Mengkonsumsi satu sendok makan biji selasih sehari akan membantu anda mencapai kondisi ini.

Kaya serat

Mengkonsumsi satu sendok makan biji selasih sehari akan membantu Anda memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Serat akan mendukung anda dalam menjaga usus, membantu anda tetap kenyang selama diet, mengontrol kadar gula darah, dan menurunkan jumlah kolesterol anda.

Mendukung perkembangan tulang

Mineral yang terkandung dalam biji selasih seperti magnesium, zat besi, kalsium akan mendukung kesehatan tulang dan memberikan sedikit pelumas pada sendi. Kandungan ini juga baik untuk otot. Zat besi juga membantu lebih banyak produksi sel darah merah.

Anti kanker

Flavonoid dan polifenol yang ditemukan dalam biji selasih akan menjadi sumber anti peradangan dan anti kanker yang baik. Keduanya merupakan sumber antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas yang merusak sel-sel baik dalam tubuh anda.

Pewarta :
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tuban just now

Welcome to TIMES Tuban

TIMES Tuban is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.