Ekonomi

Swadaya Bersama Masyarakat Dirikan Masjid Megah Polres Tuban

Sabtu, 08 Mei 2021 - 22:54
Swadaya Bersama Masyarakat Dirikan Masjid Megah Polres Tuban Masjid Baitul Mu'min Polres Tuban (08/05/2021) (Foto: Ahmad Istihar/TIMES Indonesia)

TIMES TUBAN, TUBAN – Personel di lingkungan Polres Tuban patut berbangga diri sekarang. Terdapat bangunan masjid setinggi 15 meter beratap kubah kuning keemasan terlihat berdiri megah diantara dua bangunan lain di belakang halaman Polres Tuban

Sebuah Masjid Baitul Mu'min berhasil diwujudkan swadaya donatur dan partisipasi pihak lain, yang digagas langsung Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, sejak 2020-2021 atau delapan bulan lamanya proses pembangunan Masjid berjalan menelan anggaran senilai Rp7 miliyar dan tepat di akhir bulan suci ramadan 1442 H diresmikan, Sabtu (8/5/2021). 

Polres Tuban Dirikan Masjid 2

Peresmian dengan ditandai pengkukuhan prasasti Kapolres AKBP Ruruh Wicaksono didampingi Bupati Tuban, H Fathul Huda dan Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Viliala Romadhon. 

Bangunan bercorak khas timur tengah dihiasi interior full marmer dan hiasan kaligrafi itu, bisa menampung 800 jamaah di kondisi normal atau 300 jamaah dimasa pandemi Covid-19 berdiri ditanah bekas tempat barang bukti (BB) laka lantas dan tempat penyimpanan BB tindak pidana Sat reskrim polres Tuban sebagai tempat pembuangan sampah. 

"Semoga Masjid ini dapat mendorong segenap personel polres Tuban untuk lebih taat, iman dan taqwa kepada Allah. Harapan kami masjid ini juga dimanfaatkan masyarakat umum untuk ibadah," terang Ruruh pada sambutan peresmian masjid tersebut. 

AKBP Ruruh menceritakan niat awalnya pembangunan Masjid, dikarenakan kondisi masjid lama kurang memadai untuk jamaah yang keberadaan bangunan sudah 15 tahun lhanya ukuran 16x16 meter. Sehingga hanya memuat 80 jamaah dalam kondisi normal.

Polres Tuban Dirikan Masjid 3

"Ide terbelisit yang muncul saat sholat di masjid lama pertama kali masuk Tuban, seketika hati ini terpanggil untuk membangun masjid, mohon maaf masjid lama tempat wudhunya ada tetapi toiletnya tidak ada, kapasitasnya juga terbatas," cerita Ruruh di hadapan Bupati, Dandim dan Ketua MUI Tuban. 

"ini bukan maksud kami berlomba - lomba membangun masjid megah, melainkan niat kami bagaimana nantinya dapat memanfaatkan sarana beribadah dan memakmurkan masjid dengan baik, untuk sholat wajib maupun sunnah dan kegiatan keagamaan lainnya," sambung kapolres kelahiran Ngawi

Perwira menengah lulusan akpol 2000 itu AKBP Ruruh dalam pesan peresmian masjid Baitul Mu'min mengatakan dirinya secara pribadi meminta anggota jajaran di lingkungan polres Tuban, nantinya siapapun pemimpinnya, diminta untuk merawat serta menjaga fasilitas tempat ibadah Masjid. 

"Pesan kami tolong siapapun nanti pemimpinnya, dirawat dan dijaga dengan betul karena ini usaha kita semua," tutup AKBP Ruruh.

Pantauan dilokasi selesai peresmian Masjid para tamu dan jajaran Polres Tuban langsung melaksanakan holat Maghrib berjamaah dilanjutkan shalat isya dan shalat sunah tarawih bersama di Masjid baru tersebut. (*)

Pewarta : Ahmad Istihar (MG-203)
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tuban just now

Welcome to TIMES Tuban

TIMES Tuban is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.