Ekonomi

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan: Pemerintah Harus Jamin Stabilitas Harga Sembako

Kamis, 06 Mei 2021 - 15:36
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan: Pemerintah Harus Jamin Stabilitas Harga Sembako Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan. (FOTO: Dok. MPR RI)

TIMES TUBAN, JAKARTAWakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan mengingatkan Pemerintah untuk menjaga stabilitas harga sembako menjelang lebaran. Pasalnya, beberapa daerah mulai melaporkan kenaikan harga sembako yang ada di pasaran menjelang sepekan lebaran Idul Fitri.

Menurut Syarief Hasan, langkah ini penting untuk meredam potensi kenaikan sembako yang berlebih menjelang lebaran. “Kita memiliki banyak pengalaman, dimana terjadi kenaikan harga sembako menjelang lebaran. Pemerintah harus mampu mengontrol dan meredam pasar,” ungkapnya.

Memang, beberapa daerah mengalami kenaikan harga sembako di pasarannya. Surabaya misalnya, harga telur ayam naik menjadi Rp 27.850 per kilogram, begitupun dengan beberapa sembako lainnya. Pun demikian dengan harga sembako di beberapa wilayah di Jawa Tengah mengalami kenaikan meski tidak signifikan.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini mengungkapkan, selama masa Pandemi, banyak masyarakat yang merasakan kesulitan ekonomi akibat imbas dari Pandemi Covid-19. “Kita tidak ingin, rakyat semakin kesulitan dikarenakan kenaikan harga bahan pokok di pasaran, terlebih di masa Pandemi Covid-19 ini,” tutur Syarief Hasan.

Ia juga mengingatkan Kementerian Perdagangan untuk melakukan langkah-langkah konkrit untuk menjamin ketersediaan sembako di pasaran. “Kita terus mendorong Kemendag dan kementerian terkait lainnya untuk memastikan bahwa sembako di pasaran masih cukup tersedia dengan harga yang terjangkau.”, jelasnya.

Syarief Hasan mendorong Pemerintah Pusat untuk berkoordinasi dengan stakeholder- stakeholder secara intensive  di daerah. “Koordinasi ini penting saat Pemerintah Pusat telah mengambil langkah, dengan tetap menjaga langkah kebijakan  tsb hatus sesuai dengan yang diambil di daerah sehingga  mampu menahan laju harga sembako,” tegasnya.

Disamping itu, Syarief Hasan juga mendorong Pemerintah untuk memberikan perhatian kepada UMKM-UMKM sehingga tetap berdaya meski di masa Pandemi. “

Beberapa UMKM terpaksa menaikkan harga sembako, Pemerintah harus membantu menjaga dan menstabilkan pasar sehingga UMKM tetap bertumbuh dan masyarakat tetap dapat mengakses sembako dengan harga yang terjangkau,” ucap Syarief Hasan, Wakil Ketua MPR RI. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tuban just now

Welcome to TIMES Tuban

TIMES Tuban is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.