Berita

Forum Kepoin Genbest Banyuwangi: Kemkominfo Ajak Atasi Cegah Stunting hingga Pemenuhan Gizi dan Nutrisi

Kamis, 28 Oktober 2021 - 09:49
Forum Kepoin Genbest Banyuwangi: Kemkominfo Ajak Atasi Cegah Stunting hingga Pemenuhan Gizi dan Nutrisi Forum Kepoin GenBest Banyuwangi berlangsung daring dang luring.

TIMES TUBAN, BANYUWANGIForum Kepoin GenBest (Generasi Bersih dan Sehat) sampai di Banyuwangi. Forum yang dihelat Kemkominfo RI bertajuk “Nutrisi Penting untuk Lawan Stunting” ini diselenggarakan secara luring dan daring kepada remaja di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (27/10/2021).

Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Wiryanta, mengatakan, di tahun 2030 mendatang, Indonesia akan mengalami fase bonus demografi yang berarti angkatan usia produktif akan mendominasi jumlah penduduk saat itu. Oleh karenanya dibutuhkan keterampilan dan kompetensi serta karakter sumber daya manusia yang mampu bersaing baik secara lokal, nasional, maupun global. 

“Sebagaimana cita-cita kita bersama atau cita-cita pemerintah, di tahun 2045 Indonesia bisa masuk ke dalam jajaran negara-negara maju dan menjadi negara yang terpandang di kancah internasional” ujar Wiryanta. 

Menurutnya, gerakan pencegahan stunting terus dilakukan untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan berkarakter. Wiryanta menjelaskan, kehadiran Kemenkominfo adalah sebagai koordinator kampanye nasional untuk penurunan prevalensi stunting terutama dalam hal memberikan pemahaman pada segenap masyarakat, khususnya di daerah-daerah dengan angka prevalensi stunting tinggi.

Kepoin Genbest Banyuwangi 2

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyambut baik kegiatan Genbest yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo. Ia berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini di Banyuwangi dapat memberi edukasi kepada masyarakat tentang stunting serta melibatkan remaja untuk berperan dalam mengatasi permasalahan stunting di daerah maupun nasional. 

Kegiatan Forum Sosialisasi Genbest juga menghadirkan pembicara yaitu, Dwi Listyawardani, selaku Tim Komunikasi Informasi Edukasi Stunting Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Dokter Spesialis Gizi Maretha Primariayu. 

Maretha menjelaskan bahwa diet yang tidak sehat akan berdampak pada kehidupan selanjutnya, dan dapat menyebabkan anak-anak lahir stunting. Untuk itu, ia pun menganjurkan agar remaja mengikuti diet yang disarankan pemerintah yang dikenal dengan “Gizi Seimbang.”

“Artinya, kita makan dengan beraneka ragam makanan yang nutrisinya bagus kemudian menerapkan juga aktivitas fisik atau olahraga. Sewaktu makan kita mengikuti anjuran isi piringku. Nanti di rumah tetap ya, makan besar 3 kali yaitu makan pagi, makan siang, dan makan malam. Hanya saja, pemilihan jenis atau jumlahnya yang harus diperhatikan,” jelasnya. 

Cara mudah menerapkan isi piringku menurut Maretha adalah dengan membagi, bagian karbohidrat memenuhi 2/3 dari isi piring, kemudian sisanya akan diisi dengan lauk-pauk sebagai sumber protein, buah, serta sayur. 
Makanan bernutrisi mudah didapatkan. Sumber karbohidrat bisa diperoleh dari nasi, mie, kentang, ataupun ketela.

Sedangkan sumber protein bisa berasal dari tahu, tempe, kacang-kacangan, telur, serta daging. Kemudian, sayur dan buah bisa ditemukan dengan mudah. 
Sejalan dengan pendapat Maretha, Dwi pun mengungkapkan makanan yang sehat dan kaya nutrisi bisa didapatkan dengan harga yang murah. 

“Makanan sehat tidak harus mahal. Kalau di pasar, belanja, Rp. 50 ribu sudah dapat makanan komplit untuk memenuhi syarat gizi seimbang untuk satu keluarga yang terdiri dari 4 sampai 5 orang anggota,” ujarnya. 

Ia menambahkan, yang menjadi permasalahan adalah pengaturan keuangan yang justru digunakan untuk kebutuhan lain, seperti belanja rokok. 

Menurut Dwi, pemenuhan gizi seimbang harus memenuhi kebutuhan gizi makro dan mikro. Selain itu, pemenuhan gizi juga harus berdasarkan usia dan berat badan serta kondisi khusus lainnya. “Kalau orang dewasa nutrisinya disesuaikan dengan usia dan berat badan, kemudian dengan Isi Piringku. Kalau ibu hamil tentu ada tambahannya karena ia juga harus memberi gizi yang cukup kepada bayi yang dikandungnya. Sebenarnya prinsip yang paling gampang adalah dengan menggunakan Isi Piringku lalu sesuaikan dengan usia, berat badan, dan kondisi khusus tersebut,” kata Dwi. 

Maretha menambahkan, pemenuhan gizi tidak serta merta dilakukan saat seseorang lahir hingga dewasa. Pemenuhan gizi khususnya harus difokuskan sejak bayi di dalam kandungan hingga usia 2 tahun atau dikenal dengan 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Apabila melebihi usia 2 tahun, perbaikan nutrisi seseorang pun akan sangat sulit dilakukan.

“Sampai usia 2 tahun manusia mengalami tumbuh kembang yang sangat pesat dari sisi fisik maupun otak. Kurangnya asupan sejak dalam kandungan dapat memperlambat perkembangan kecerdasan otak sehingga anak bisa mengalami keterlambatan dalam belajar dan mengalami berbagai keluhan kesehatan atau gampang sakit. Saat dewasa pun ia akan mengalami berbagai penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi, serta penyakit jantung,” imbuhnya. 

Dwi pun menuturkan, bagi para calon pengantin untuk mendahulukan pemeriksaan kesehatan. Sehingga apabila ada masalah kesehatan pada calon ibu dapat diperbaiki dengan segera. Hal ini dilakukan untuk mencegah bayi lahir stunting di kemudian hari. 

“Stunting itu bisa dicegah pada periode emas atau 1.000 Hari Pertama Kehidupan, jadi periksakanlah kehamilan untuk mengetahui tumbuh kembangnya. Kemudian setelah bayi lahir berikanlah makanan yang sesuai dengan usianya. Pada periode emas inilah stunting bisa diatasi,” tuturnya. 

Sementara itu, Maretha menyatakan remaja adalah agent of change atau agen perubahan dalam penerapan gizi seimbang dan pencegahan stunting. “Remaja adalah agent of change, di sini kalian perlu menerapkan bagaimana gizi seimbang, olahraga, serta jangan lupa untuk menyebarkan informasi ini supaya angka stunting di Indonesia bisa semakin turun,” tutupnya. 

Forum Kepoin Genbest yang diadakan kali ini merupakan bagian dari kampanye GenBest (Generasi Bersih dan Sehat), yang merupakan inisiasi Kemenkominfo untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat serta bebas stunting. 

Forum Kepoin GenBest mendorong masyarakat, khususnya generasi muda, agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat di kehidupan sehari-hari. Melalui situs genbest.id dan media sosial @genbestid, GenBest juga menyediakan berbagai informasi seputar stunting, kesehatan, nutrisi, tumbuh kembang anak, sanitasi, maupun reproduksi remaja dalam bentuk artikel, infografik, dan videografik. (*)

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tuban just now

Welcome to TIMES Tuban

TIMES Tuban is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.