Berita

Presiden Jokowi: Indonesia Memiliki Sumber Daya Alam Melimpah

Senin, 08 Maret 2021 - 13:20
Presiden Jokowi: Indonesia Memiliki Sumber Daya Alam Melimpah Presiden RI Jokowi (Joko Widodo). (FOTO: Setneg RI)

TIMES TUBAN, JAKARTAPresiden RI Jokowi atau Joko Widodo mengatakan, Indonesia memiliki sumber daya alam melimpah yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

Namun, kata Kepala Negara, kekayaan tersebut tidak akan memberikan manfaat maksimal tanpa penguasaan dan pemanfaatan teknologi secara bijak.

"Karena itulah, saya berharap banyak kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk menempuh sejumlah langkah," katanya Senin (8/3/2021).

Langkah tersebut kata Presiden, Pertama, BPPT harus aktif berburu inovasi dan teknologi untuk dikembangkan lebih lanjut dan diterapkan. Ada ribuan peneliti di pemerintahan dan swasta, serta para inovator lain di tengah masyarakat, yang memiliki banyak temuan yang bisa dikembangkan lebih lanjut, bahkan sampai tahap komersialisasi.

"Selama pandemi ini misalnya, akselerasi inovasi bisa kita lihat di bidang kesehatan seperti ventilator untuk perawatan pasien Covid-19 atau alat uji GeNose yang mulai digunakan di lokasi-lokasi padat interaksi," jelasnya.

Kedua, BPPT harus mampu memiliki jejaring luas dan menjadi lembaga akuisisi teknologi maju dari manapun, selama belum bisa diproduksi di dalam negeri.

Dan ketiga, BPPT harus turut ambil bagian dalam pengembangan kecerdasan buatan dan menjadi pusat kecerdasan teknologi Indonesia. "Di era informasi saat ini, penguasaan terhadap teknologi kecerdasan buatan amat krusial untuk memenangkan persaingan," ujar Presiden RI Jokowi soal sumber daya alam.(*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tuban just now

Welcome to TIMES Tuban

TIMES Tuban is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.