Berita

Penerbit Mitra Karya Komitmen Wujudkan Tuban Bumi Literasi

Senin, 08 Agustus 2022 - 15:10
Penerbit Mitra Karya Komitmen Wujudkan Tuban Bumi Literasi Nur Khamid dan Agus Ibrahim saat acara Tepung Seduluran Jamaah Literasi Tuban dan Urun Rembuk Tuban (Foto: Ikhwan Fahrudin/TimesIndonesia.co.id)

TIMES TUBAN, TUBANPenerbit Mitra Karya Tuban Jawa Timur mengadakan acara literasi yang mengundang beberapa tokoh masyarakat, praktisi, sastrawan, dan sejumlah pejabat daerah. Acara tersebut bertajuk Tepung Seduluran Jamaah Literasi Tuban dan Urun Rembuk Tuban ke depan untuk kemajuan Tuban Bumi Literasi.

Acara dimulai dengan dengan bedah buku yang berjudul Nusantara Menggugat, Hikayat Tuban Selatan, karya Danang Agus dari Kecamatan Bangilan. Kemudian deklamasi puisi tentang Tuban oleh Daruz Armedian, pemenang sayembara sastra dewan kesenian Jawa Timur, 2017.

Pemilik Penerbit Mitra Karya (MK) Agus Ibrahim mengatakan bahwa acara yang dimulai pukul 08.00-13.00 WIB itu berjalan sukses. "Kami mengundang 55 orang pegiat literasi di Tuban. Alhamdulillah, banyak yang hadir," pungkasnya Senin, (8/8/2022).

Dalam sambutannya, Agus Ibrahim menjelaskan awal mula berdirinya Penerbit MK tahun 2016. Dia berkomitmen bahwa menulis adalah dakwah, apa yang dulu didapatkan di pesantren, akan dia salurkan lewat jalan literasi. Penerbit MK sempat mendapat naskah komik 316 halaman F4 karya pelukis Tuban, Achmad Syafii, yang berjudul Sejarah Ronggolawe. Namun, karena beberapa hal waktu itu, komik tersebut belum sempat terbit, kata pria yang juga pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Tuban ini.

“Alhamdulillah sejak tahun 2016 sampai sekarang (2022, red) terus berjalan menghasilkan karya untuk Indonesia. Kita sukseskan bersama Tuban Bumi Literasi,” terang Agus.

Imam Lughuzali Kepala Desa Rahayu Soko mengapresiasi kegiatan ini. Ia mengatakan dalam sambutannya selamat atas terlaksananya acara Tepung Seduluran Jamaah Literasi Tuban. Kalau tidak ada acara bagus seperti ini, kita belum tentu kenal satu dengan yang lainnya, ucap pejabat desa ini.

“Alhamdulillah, di Desa Rahayu ada literasi yang bermanfaat khususnya di daerah sekitar, dan secara keseluruhan untuk Tuban,” jelasnya.

Nur Khamid Kaperpusda Tuban menyampaikan hal utama dari Mas Bupati Tuban yang berkenaan dengan tugas beliau adalah literasi, kalau tugas saya mengajak gemar membaca, ucap Khamid,

Acara diskusi Tuban Bumi Literasi langsung dipimpin oleh Budayawan Tuban Sariban. Dalam sesi diskusi, dia mempersilakan setiap tamu untuk menyampaikan gagasan satu persatu sesuai dengan latar belakangnya. Karena bagaimana pun, literasi bermakna luas, tidak hanya tentang pena dan kertas.(*)

Pewarta : Ikhwan Fahrudin (MG-356)
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tuban just now

Welcome to TIMES Tuban

TIMES Tuban is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.