Berita

Antisipasi Politik Identitas, PKB Usulkan Pilpres 2024 Minimal Diikuti 3 Paslon

Kamis, 28 Oktober 2021 - 14:36
Antisipasi Politik Identitas, PKB Usulkan Pilpres 2024 Minimal Diikuti 3 Paslon Waketum PKB Jazilul Fawaid. (FOTO: PKB)

TIMES TUBAN, JAKARTA – Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid (Gus Jazil) berharap, Pilpres 2024 mendatang tidak haya diikituli dua pasangan calon untuk meminimalisir politik identitas. 

"Minimal ada tiga pasangan calon kalau dilihat dari posisi jumlah presidential threshold 20 persen," ucap Gus Jazil dalam keterangan tertulis yang diterima TIMES Indonesia, Kamis (28/10/2021).

Kata dia, politik identitas pada Pilpres 2019 harus menjadi pelajaran agar tidak terulang di Pilpres 2024. "Kalau besok terjadi dua pasangan calon, saya yakin politik identitas akan terjadi karena nanti akan ada pembelahan antara calon presiden yang menggunakan isu agama, isu etnis," imbuhnya.

Meski demikian, diakui Gus Jazil , tidak ada jaminan bahwa Pilpres 2024 nanti bisa muncul minimal tiga pasangan calon. Gus Jazil bahkan mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan akibat pandemi Covid-19, Pilpres 2024 hanya akan diikuti satu pasangan calon saja.

"Tidak menutup kemungkinan karena dampak dari pandemi ini dan memeksa partai-partai dapat bersatu menemukan calon siapa yang paling baik untuk mengatasi keadaan, tetapi meskipun ini mungkin terjadi jauh dari kemunkinan yang ada," urainya.

Karena itu dia mendorong agar sebisa mungkin pilpres kedepan tidak terjadi lagi politik identitas dengan melakukan upaya-upaya dengan terbentuknya poros lebih banyak. "Minimal 3 poros dan PKB  berupaya untuk memimpin satu poros," ungkapnya.

Saat ini, kata Gus Jazil, PKB yang berada di koalisi parpol pendukung Pemerintahan Jokowi-Kiai Ma'ruf memiliki kewajiban untuk megawal pemerintah ini sukses sampai tahun 2024. "Tentu pemimpin yang sukses itu adalah yang mampu menyiapkan suksesi kepemimpin yang sukses pula," tuturnya.

Menurut Waketum PKB, Gus Jazil minimal ada dua syarat suksesi kepemimpinan berjalan lancar. Pertama, penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2024 mampu mengundang partisipasi masyarakat dan terwujudnya persatuan. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tuban just now

Welcome to TIMES Tuban

TIMES Tuban is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.