Berita

Gurita Langka Tertangkap Kamera di Perairan Australia

Sabtu, 22 Januari 2022 - 19:27
Gurita Langka Tertangkap Kamera di Perairan Australia Gurita Selimut atau Blanket Octopus yang tertangkap kamera di perairan Australia. (Foto: Jacinta Shackleton via Storyfull)

TIMES TUBAN, JAKARTAGurita langka yang di kenal sebagai Blanket Octopus tertangkap kamera sedang berenang di dekat great Barrier Reef, Queensland, Australia. Momen ini berhasil diabadikan dalam video oleh Jacinta Shackleton, seorang ahli biologi kelautan yang kebetulan sedang menyelam di area tersebut.

Video tersebut diambil pada Kamis (6/1/2022) kemarin. Blanket Octopus yang ditemukan berjenis kelamin betina. Blanket Octopus jika diartikan menjadi gurita selimut. Nama tersebut diambil dari jaringan kulit yang mirip jubah yang menyelimuti tentakelnya. 

Jubah tersebut tak hanya merupakan assesoris namun juga perlindungan diri terhadap predator agar gurita cantik tersebut telihat lebih besar dari ukuran aslinya. Jubah tersebut juga bisa dilipat menyelimuti bagian tubuh gurita agar bisa berenang dengan cepat jika diperlukan.

Blanket Octopus ini memiliki ukuran panjang mencapai 1,8 meter untuk betina dan 2,4 cm untuk gurita jantan. Jika dibayangkan, maka ukuran gurita jantan hanya sebesar paku payung untuk beton dan esbes. Berat gurita betina mampu mencapai 40.000 kali berat gurita jantan.

Umumnya, gurita cantik ini hidup di pedalaman laut subtropis dan tropis. Mereka kebal terhadap sengatan ubur-ubur dan akan menggunakan tentakel ubur-ubur yang robek untuk memburu mangsa mereka. Hewan lautan cantik ini memakan ikan kecil yang mereka temukan di lautan.

"Ketika saya pertama kali melihatnya, saya pikir itu mungkin ikan remaja dengan sirip panjang, tetapi ketika mendekat, saya menyadari itu adalah gurita selimut betina dan saya merasakan kegembiraan dan kegembiraan yang luar biasa," kata Shackleton dilansir dari The Guardian.

Penampakan gurita selimut atau Blanket Octopus memang jarang sekali ditemui di lautan Australia. Apalagi gurita jantannya. Gurita jantan bahkan baru saja ditemukan dan bisa diamati pada tahun 2002 lalu. Semenjak itu, gurita cantik ini baru dijumpai sekitar 3 kali dalam kurun waktu 20 tahun. (*) 

Pewarta :
Editor : Khodijah Siti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tuban just now

Welcome to TIMES Tuban

TIMES Tuban is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.