Berita

Perdana Menteri Irak Menyerukan Dialog Nasional Usai Dikunjungi Paus Fransiskus

Selasa, 09 Maret 2021 - 07:23
Perdana Menteri Irak Menyerukan Dialog Nasional Usai Dikunjungi Paus Fransiskus Paus Fransiskus saat tiba di Bandara Baghdad disambut Perdana Menteri Irak, Mustafa al-Kadhimi dan saat memberi konferensi pers di pesawat kepada wartawan. (FOTO: Reuters)

TIMES TUBAN, JAKARTAPerdana Menteri Irak, Mustafa al-Kadhimi, Senin (8/3/2021) meminta ada dialog nasional untuk menyelesaikan perbedaan usai kunjungan bersejarah Paus Fransiskus ke negera itu selama empat hari.

Sebuah langkah yang katanya akan mencerminkan "cinta dan toleransi" seperti yang ditunjukkan dalam kunjungan Paus Fransiskus ke negara itu.

Dilansir Reuters, Irak menderita salah urus kronis dan korupsi, serta tingkat kekerasan stabil yang sering dikaitkan dengan persaingan antara Iran dan Amerika Serikat di wilayah tersebut selama 18 tahun setelah invasi Amerika Serikat ke Irak.

PAUS V

"Dalam suasana cinta dan toleransi yang dipromosikan oleh kunjungan Yang Mulia Paus ke tanah Irak, hari ini kami menyampaikan seruan untuk dialog nasional," katanya dalam pidato yang disiarkan televisi.

Banyak orang di Irak berharap kunjungan Kepausan memang akan mengumpulkan lebih banyak dukungan internasional bagi pemerintah Kadhimi untuk menangani krisis sensitif, termasuk mengekang milisi yang didukung Iran yang kekuasaan dan pengaruhnya telah berusaha untuk dikendalikan oleh Kadhimi sejak menjabat pada Mei 2020.

Perdana menteri Irak juga mengatakan, dialog akan membantu mengurangi ketegangan di negaranya dan membuka jalan bagi pemilihan awal yang sukses.

Mengontrol kelompok bersenjata yang beroperasi di luar kendali negara masih merupakan tantangan signifikan bagi perdana menteri.

Paus Fransiskus mengakhiri turnya, kunjungan kepausan pertamanya selama empat hari di Irak pada hari Senin setelah mengunjungi kota-kota yang dilanda konflik, bertemu dengan para pemimpin Muslim dan Kristen serta mengkhotbahkan perdamaian dan hidup berdampingan selama perang. 

Paus Fransiskus juga membuat acara pertama yang langka dalam pertemuannya dengan  Ayatollah Ali al-Sistani, ulama Muslim Syiah Irak yang merupakan salah satu tokoh terpenting dalam Islam Syiah, baik di Irak maupun dunia. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tuban just now

Welcome to TIMES Tuban

TIMES Tuban is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.