Berita

Kesiapan Tempur Satuan TNI Diuji di Puslatpur Marinir 5 Baluran

Kamis, 28 Oktober 2021 - 15:58
Kesiapan Tempur Satuan TNI Diuji di Puslatpur Marinir 5 Baluran Inilah medan pertempuran yang digunakan para prajurit TNI untuk uji kesiapan tempur di Puslatpur Marinir 5 Baluran (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMES TUBAN, BANYUWANGI – Sebanyak kurang lebih seribu pasukan TNI Angkatan Darat mengikuti Uji Siap Tempur (UST) di Pusat Latihan dan Tempur atau Puslatpur Marinir 5 Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Kamis (28/10/2021).

Latihan ini diikuti oleh 1 Kompi Kavaleri dari Yonkav 8/NSW/2 Kostrad, 2 Baterai Arhanud dari Yonarhanud 2/ABW/2 Kostrad, 1 Kompi Bekang dari Yonbekang 2/MWJ/2 Kostrad, 1 Kompi Zipur dari Yonzipur 10/JP/2 Kostrad, 1 Kompi Kesehatan Lapangan dari Yonkes 2/YBH/2 Kostrad serta 1 Kompi Peralatan dari Denpal Divif 2 Kostrad.

Puslatpur Marinir 5 Baluran 2

UST merupakan program yang telah distandarisasikan dan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat, berkelanjutan dan diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan serta kemampuan sekaligus menguji sejauh mana kesiapan tempur satuan tersebut.

"Setiap prajurit sudah dibekali kemampuan dan pengetahuan perorangan, tinggal bagaimana unsur pimpinan mulai dari Danru dan Danton dapat memaksimalkan kemampuannya dalam memimpin serta mengendalikan pasukan dalam situasi di medan yang sebenarnya," kata Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Andi Muhammad, SH.

Jenderal bintang dua itu berpesan kepada para pasukan agar tetap berpegang teguh pada jati diri prajurit Divif 2 Kostrad, yaitu sebagai prajurit bertaqwa, prajurit pejuang, prajurit sejati dan prajurit profesional serta prajurit yang dapat diandalkan.

"Terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada penyelenggara, para pelatih dan pendukung atas terselenggaranya UST ini dengan baik. Jadikan pengalaman ini sebagai masukan dan evaluasi guna penyempurnaan dan perbaikan pada penyelenggaraan latihan berikutnya," terang Mayjen TNI Andi.

Puslatpur Marinir 5 Baluran 3

Disamping pelaksanaan UST, juga dilaksanakan bakti sosial dengan pemberian paket sembako kepada 200 masyarakat sekitar dan pemeriksaan kesehatan gratis. Hal ini sebagai wujud kepedulian TNI kepada masyarakat.

Selain itu, kata Mayjen TNI Andi Muhammad, juga akan menjadi kerja sama yang positif dalam membantu masyarakat, khususnya yang berada di wilayah sekitar tempat latihan yang terkena dampak pandemi Covid-19.

"Karena perjuangan TNI adalah perjuangan rakyat semesta, TNI ada dari rakyat dan TNI bekerja untuk rakyat," tandas Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Andi Muhammad, SH tentang Uji Siap Tempur (UST) di Pusat Latihan dan Tempur atau Puslatpur Marinir 5 Baluran. (*)

Pewarta : Rizki Alfian
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Tuban just now

Welcome to TIMES Tuban

TIMES Tuban is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.